Dalam kerangka kerja kolaboratif antara Federal Ministry for Economic Cooperation and Development Germany (BMZ), Dialogue on Innovative Higher Education Strategies (DIES) - German Academic Exchange Service (DAAD) Bonn, dengan beberapa universitas di Vietnam, yaitu University of Medicine and Pharmacy at Ho Chi Minh City (UMP), dan Vietnamese-German University (VGU) bersama-sama menyelenggarakan Pelatihan “Internationalisation at Home in Vietnamese Universities”.

Pelatihan ini bertujuan agar staf universitas di Vietnam (pihak Kantor Internasional atau manajer pendidikan tinggi yang bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan kegiatan internasional) untuk memahami proses globalisasi dan secara aktif terlibat dalam kegiatan internasionalisasi di Universitas mereka. Program pelatihan ini membantu para peserta untuk meningkatkan kapasitas mereka dalam bekerja dalam tim dan dalam perencanaan dan pelaksanaan program internasionalisasi di universitas asal mereka melalui pendanaan dari luar negeri.

Tenaga ahli yang diundang pada kegiatan tersebut adalah Gertrud Goudswaard dan Condro Wibowo*. Gertrud Goudswaard merupakan salah satu instruktur bersertifikat di bidang intercultural communication dan sudah berpengalaman memberikan pelatihan tentang internasionalisasi di beberapa negara di Eropa. Condro Wibowo diundang sebagai salah satu instruktur karena telah berpengalaman dalam mengelola kerjasama internasional dengan berbagai pihak serta merupakan salah satu alumni dari pelatihan “Management of Internationalization” di Jerman.  Selain itu, beberapa pembiacara tamu dari berbagai universitas juga hadir untuk berbagi pengalaman mereka.

Peserta pelatihan “Internationalisation at Home in Vietnamese Universities” berjumlah 26 orang yang berasal dari berbagai universitas di Vietnam, yaitu: University of Medicine and Pharmacy, Vietnamese-German University, Nong Lam University, Nha Trang University, Hue Medical College, University of Foreign Language and Information Technology, University of Education of Ho Chi Minh, Van Lang University.  Peserta tersebut ada yang menduduki jabatan sebagai Wakil Rektor, Kepala atau staff International Office, serta perwakilan universitas.

Kegiatan pelatihan ini dilakukan dalam 2 tahap kegiatan yang dilaksanakan pada 10-12 Desember 2019 dan 6-8 Oktober 2020. Kegiatan tersebut dapat dilaksanakan secara tatap muka pada pertemuan pertama sedangkan pada pelatihan tahap kedua dilaksanakan secara on line karena adanya kondisi pandemi Covid-19.

Pada pelatihan tahap pertama, Dr. Condro Wibowo menyampaikan tentang Internationalisation and Internationalization at Home (Globalization context, internationalization concept and trends, Structure of International Office and responsible activities, and Internationalization at Home). Setelah itu, masing-masing peserta mendapatkan tugas untuk membuat rencana kegiatan internasionalisasi pada universitas mereka yang hasilnya dipresentasikan pada pelatihan tahap kedua. Pada pelatihan tahap kedua merupakan saat untuk pemaparan tentang laporan kemajuan kegiatan masing-masing peserta di universitas masing-masing serta penyampaian materi oleh instruktur tentang intercultural communication dan juga conflict management.

 

*Dr. Condro Wibowo adalah alumni dari Georg-August University Goettingen, gelar doktornya diraih  dengan dukungan beasiswa dari DAAD. Selain itu, pernah mengikuti pelatihan tentang “Management of Internationalization” 2016/2017 yang diselenggarakan di Jerman dan India yang didanai oleh DAAD. Saat ini, Dr. Condro Wibowo merupakan staf dosen di Universitas Jenderal Soedirman dan juga aktif dalam mengelola berbagai kerjasama internasional.